Manfaat Dibalik Baunya Petai



Apakah anda tahu kalau petai memiliki banyak manfaat. Walaupun anda sering membenci makanan yang satu ini karena rasanya atau baunya yang tidak enak. Tetapi setelah membaca artikel ini anda mungkin akan berubah pikiran.

Petai mengandung tiga gula alami :
 
* Sucrose
* Fructose
* Glucose


Dilengkapi juga dengan serat, petai dapat memberikan tambahan energi. Penelitian telah membuktikan bahwa dua porsi petai (satu porsi tuh berapa yah?) dapat menyediakan energi untuk bekerja selama 90 menit. Bukan sesuatu yang luar biasa kalau petai menjadi buah nomor satu untuk para atlit.

Tetapi tambahan tenaga bukanlah satu-satunya hal yang dapat dilakukan oleh petai. Petai juga mampu membantu mencegah beberapa penyakit:


Depresi

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MIND, orang-orang yang depresi merasa lebih baik setelah memakan petai. Ini dikarenakan petai mengandung triptophan (protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang dikenal dapat membuat pikiran menjadi lebih relax, memperbaiki mood, dan membuat anda lebih bahagia.

PMS (Premenstrual Syndrome)

Vitamin B6 yang terkandung didalam petai dapat mengontrol kadar gula dalam darah, yang dapat mempengaruhi mood anda.

Tekanan Darah Tinggi

Buah(buah?) petai ini kaya akan potasium, tetapi kadar garam rendah, membuat buah ini menjadi sempurna bagi penderita tekanan darah tinggi. Bahkan US Food and Drug Administration telah mengatakan bahwa petai memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Brain Power

200 pelajar di sekolah Twickenham (Middlesex) telah terbantu dalam menjalankan ujian mereka dengan memakan petai pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang untuk meningkatkan kinerja otak mereka. Hal ini dikarenakan petai yang mengandung potasium yang dapat membuat pupil lebih dapat memperhatikan sesuatu.
Pisang juga mengandung banyak potasium. Lihat saja monyet-monyet. Mereka sangat aktif,dan pintar. LoL.

Susah BAB

Karena kaya akan serat, memasukkan petai kedalam daftar menu dapat membantu membuat BAB anda menjadi lancar.

Mabuk Alkohol (Hangover)

Salah satu cara yang paling cepat untuk mengobati hangover adalah dengan cara membuat PETAI MILKSHAKE, ditambahkan dengan madu (selain dengan memakai infus di tangan anda). Petai membuat perut anda lebih tenang, dan dengan bantuan madu, membantu menaikkan kadar gula dalam darah. Susu membantu mencegah dehidrasi.

Heartburn

Petai memiliki kandungan alamu yang dapat mengobati penyakit ini.

Morning Sickness (perasaan ingin muntah pada orang hamil)

Menjadikan petai sebagai snack dapat membuat gula darah anda naik dan mencegah penyakit ini.

Gigitan Nyamuk

Sebelum mengoleskan balsem, cobalah mengoleskannya dengan bagian dalam dari kulit petai. Banyak orang merasa lebih baik, dan ini dapat mencegah iritasi.

Gugup (?)

Petai kaya akan vitamin B yang membantu menenangkan sistem syaraf

Kegemukan

Penelitian di Institute of Psychology di Austria menemukan bahwa tekanan saat bekerja membuat anda ingin mengonsumsi makanan-makanan seperti coklat, dan keripik. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat setiap dua jam akan membuat kadar gula dalam darah tetap stabil.

Temperature control

Banyak kebudayaan menganggap petai sebagai "pendingin" yang dapat menurunkan suhu tubuh maupun kadar emosional dalam diri. Di hoiland, para wanita hamil memakan petai untuk meyakinkan bahwa bayi mereka nanti akan lahir dalam suhu yang dingin.

Stress

Potasium adalah sebuah mineral yang dapat membantu menurunkan frekuensi detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak dan membantu menjaga kestabilan kadar air dalam tubuh. Ketika kita stress, proses metabolisme dalam tubuh meningkat, lalu menurunkan kadar potasium kita. Dengan mengonsumsi potasium, dapat mengembalikan kadar potasium dalam tubuh.

Stroke

Berdasarkan penelitian di "The New England Journal od Medicine" memakan petai sebagai salah satu makanan harian dapat mengurangi resiko kematian karena STROKE sebesar 40% !! WTF.

Merokok:

Petai dapat menolong orang-orang yang ingin berhenti merokok. Kandungan B6, B12, bersama potassium dan magnesium, membantu tubuh untuk kembali dari efek racun nikotin yang ada pada rokok.

Jadi, seperti yang kau lihat, petai adalah salah satu pengobatan alami untuk berbagai macam penyakit yang ada. Apabila kita membandingkannya dengan apel, petai mengandung 4X protein, 2X karbohidrat, 3X fosfor, 5X Vitamin A dan zat besi, dan 2X vitamin dan mineral lainnya. Petai juga kaya akan potasium dan ini adalah salah satu nilai yang terbaik dari petai.
 

Sumber :
http://ampun-aux.blogspot.com/2009/04/manfaat-petai-bagi-kesehatan.html

Categories: Share

Leave a Reply

Komentar anda sangat bermanfaat bagi kemajuan blog ini.